Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kanker » Alkohol dan Kanker, Bukti Kuat Penyebab Tujuh Jenis Kanker

Alkohol dan Kanker, Bukti Kuat Penyebab Tujuh Jenis Kanker

(1760 Views) August 5, 2016 3:26 am | Published by | No comment

Minum alkohol dapat menyebabkan tujuh jenis kanker yang berbeda menurut sebuah artikel opini terbaru.

Tujuh Jenis Kanker yang disebabkan oleh AlkoholAlcohol can cause 7 Types of Cancer, Cancer Research UK

  1. Kanker Mulut Dan Atas Tenggorokan
  2. Kanker Pangkal tenggorokan
  3. Kanker Kerongkongan
  4. Kanker Payudara pada Wanita
  5. Kanker Hati
  6. Kanker Usus

Hasil studi sebelumnya telah menemukan hubungan antara minum alkohol dan resiko lebih tinggi terkena kanker tertentu. Namun tidak jelas dari studi tersebut apakah secara langsung bisa menyebabkan kanker.

Menurut studi terdahulu, 5,8 persen penyebab dari semua kematian akibat kanker tahun 2012.

Dalam jurnal terbaru Journal Addiction oleh Dr Jennie Connor, seorang dokter pencegahan dan pengobatan di University of Otago di Selandia Baru, memandang studi tinjauan utama dilakukan selama dekade terakhir pada alkohol dan kanker, termasuk ulasan dari Institut Penelitian Kanker Amerika dan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (American Institute for Cancer Research and the International Agency for Research on Cancer).

“Ada bukti kuat bahwa alkohol menyebabkan kanker pada tujuh lokasi [dalam tubuh], dan mungkin orang lain,” tulis Connor.

Bukti-bukti mendukung “hubungan sebab akibat dari konsumsi alkohol” dengan kanker di orofaring (bagian tenggorokan), laring, esofagus, hati, usus besar , rektum dan payudara wanita , Connor menulis.

Peminum Alkohol dan Kanker Hati

Pecandu Alkohol dan Kanker Hati

Ada juga bukti yang berkembang menunjukkan hubungan yang kuat antara alkohol dan kanker lainnya, seperti kanker prostat, pankreas dan melanoma. Namun, bukti tidak cukup pada saat ini untuk memungkinkan peneliti untuk menyimpulkan bahwa ada hubungan sebab-dan-efek untuk kanker ini, menurut artikel.

Selain itu, untuk masing-masing tujuh kanker yang secara langsung terkait, studi sebelumnya telah menemukan bahwa ada “hubungan dosis-respons,” yang berarti bahwa lebih banyak alkohol seseorang minuman, semakin besar kemungkinan orang tersebut untuk mengembangkan kanker tersebut.

Selain itu, penelitian sebelumnya juga telah menemukan bahwa untuk beberapa jenis kanker, risiko seseorang terkena kanker turun ketika seseorang berhenti minum.

Alkohol dan Risiko Kanker Mulut Alkohol dan Risiko Kanker Mulut

Hubungan antara alkohol dan kanker mulut dan tenggorokan yang kuat dari hubungan antara alkohol dan kanker lainnya, Connor menulis. Misalnya, minum lebih dari 50 gram alkohol per hari yang dikaitkan dengan risiko 4-7 kali lebih besar terkena mulut, tenggorokan atau kanker kerongkongan dibandingkan dengan tidak minum sama sekali. (Jumlah gram alkohol dalam 1 ons minuman dapat bervariasi. Sebagai contoh, ada 2,4-2,8 gram alkohol dalam satu ons anggur, tetapi ada 1 sampai 1,2 gram alkohol per ons bir.)

Tapi minum jumlah yang sama dikaitkan dengan sekitar 1,5 kali lebih besar risiko kolorektal, hati atau kanker payudara , dibandingkan dengan tidak minum

Connor mencatat bahwa mekanisme yang tepat untuk bagaimana alkohol menyebabkan kanker tidak dipahami dengan baik, dan memang, mungkin berbeda tergantung di mana dalam tubuh kanker terjadi.

Misalnya, para ilmuwan percaya bahwa senyawa yang terbentuk ketika alkohol rusak bertanggung jawab untuk pengembangan kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan dan hati. Senyawa, asetaldehida , terbentuk ketika alkohol dicerna oleh air liur atau molekul dalam hati. Asetaldehida datang dalam kontak langsung dengan jaringan mulut, tenggorokan, kerongkongan dan hati, dan dapat merusak DNA dalam sel-sel dari jaringan ini, yang dapat menyebabkan kanker.

Tapi untuk kanker payudara, alkohol dapat menyebabkan kanker dengan meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh yang mana hormon telah dikaitkan dengan penyakit

Connor mencatat bahwa ada keterbatasan dalam penelitian tersebut. Secara khusus, banyak penelitian yang termasuk dalam analisis mengandalkan orang diri melaporkan berapa banyak alkohol yang mereka minum. Hal ini tidak biasa bagi orang untuk mengatakan mereka minum kurang alkohol daripada mereka benar-benar minum

 

Bulan Januari Pejabat Kesehatan Inggris mengatakan pada tingkatan apapun minum alkohol memang berisiko terhadap kesehatan.

Alkohol diperkirakan menyebabkan sekitar 500.000 kematian karena kanker pada tahun 2012 saja.

Tahun 2014, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa minum alkohol antara lain dapat meningkatkan risiko depresi dan kecemasan, sitosis hati, bunuh diri, kekerasan, maupun cedera karena kecelakaan.

Antara 4% sampai 30% kematian karena kanker di seluruh dunia dapat dikaitkan dengan konsumsi alkohol (untuk kanker payudara, yang paling umum, angkanya mencapai 8%).

Alkohol Meningkatkan Risiko Kanker PayudaraAlkohol Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Minum alkohol dalam jumlah sedang juga dapat meningkatkan risiko. Sedangkan minum satu gelas per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sampai tingkat 4% dan minum dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko hingga 40-50%.

sumber : http://www.livescience.com/55497-does-alcohol-cause-cancer.html (diterjemahkan dan di edit kembali oleh artikelkanker.com)

 

         

No comment for Alkohol dan Kanker, Bukti Kuat Penyebab Tujuh Jenis Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =

x Close

Like dan share Page Artikelkanker.com