Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kanker » Posisi Kelenjar Getah Bening Dan Cara Memeriksanya

Posisi Kelenjar Getah Bening Dan Cara Memeriksanya

(2692 Views) August 13, 2016 1:08 am | Published by | No comment

Sistem getah bening terdiri dari kelenjar bulat kecil yang membentuk jaringan getah bening. Kelenjar getah bening sangat penting untuk respon kekebalan tubuh, dan umumnya akan membengkak sebagai reaksi terhadap infeksi dan sebab lainnya. Jika kelenjar getah bening Anda membengkak, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter. Namun jika Anda bisa memeriksa getah bening sendiri, hal tersebut akan sangat membantu untuk mendeteksi masalah sedini mungkin.

Metode 1 dari 2: Memeriksa Kelenjar Getah Bening

Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 1

Ketahui lokasi atau posisi kelenjar getah bening. Manusia memiliki konsentrasi kelenjar getah bening yang paling tinggi di bagian leher, di sekitar tulang selangka, di ketiak, dan di pangkal paha.

  • Kelenjar getah bening terbentuk dalam beberapa kelompok, dan ukurannya sebesar kacang polong atau biji.

Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 1Bullet1

  • Kelenjar getah bening yang terletak di pangkal paha juga disebut kelenjar getah bening inguinal.
  • Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 1Bullet2

 

Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 2

Rapatkan ketiga jari Anda. Anda akan menggunakan bantalan jari untuk menekan secara perlahan bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar getah bening.
Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 3
Tekan lengan Anda menggunakan jari untuk merasakan bagian tubuh yang normal.
Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 4
Tempelkan jari Anda di ketiak dan geser turun beberapa cm. Kelenjar getah bening di daerah ini terletak di bagian bawah ketiak Anda, dekat tulang rusuk.
Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 5

Tekan secara perlahan. Apakah Anda merasakan sesuatu yang aneh, atau rasa yang berbeda dibandingkan saat Anda menekan bagian lengan? Anda akan merasakan tulang rusuk dan otot serta lemak di bawah kulit. Jika Anda merasakan adanya benjolan yang lembut, kemungkinan kelenjar getah bening membengkak.

  • Ulangi metode ini pada ketiak Anda yang lain, menggunakan tangan yang berlawanan.
  • Kelenjar getah bening yang membengkak umumnya seukuran kacang polong atau kacang ginjal.

Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 6

Periksalah kelenjar getah bening di leher dan tulang selangka. Gunakan kedua 3 jari pertama tangan Anda untuk melingkari belakang telinga, berlanjut ke bawah ke sisi leher dan ke bawah garis rahang. Jika Anda merasakan benjolan yang lembut, Anda mungkin mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Anda juga mungkin merasa tenggorokan Anda penuh dan mengalami kesulitan saat menelan.
Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 7
Gerakkan jari-jari Anda ke lipatan paha, yaitu bagian paha yang bertemu dengan tulang panggul. Tekan jari-jari ke dalam lipatan dan Anda akan merasakan otot, tulang dan lemak di bawahnya. Jika Anda merasakan benjolan, mungkin terjadi pembengkakan kelenjar getah bening.

Metode 2 dari 2: Mengetahui Kapan Harus Mengunjungi Dokter

Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 8

Pantau terus menerus kelenjar getah bening yang bengkak. Terkadang kelenjar getah bening membengkak sebagai bentuk reaksi terhadap alergi. Jika ini yang terjadi, ia akan kembali normal dalam beberapa hari. Jika kelenjar getah bening tetap membengkak selama beberapa hari, Anda perlu berkonsultasi pada dokter untuk mencari penyebabnya

Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 9

Ketahui hadirnya gejala lain. Pembengkakan kelenjar getah bening bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang melawan penyakit serius. Jika Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening bersama dengan gejala-gejala berikut, segera pergi ke dokter:

  • Penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya
  • Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 9Bullet1
  • Berkeringat di malam hari
    Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 9Bullet2
  • Demam terus menerus
    Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 9Bullet3
  • Sulit menelan atau bernapas
    Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 9Bullet4

 

Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 10

Mintalah diagnosa. Ketika Anda pergi ke dokter, Anda akan diuji untuk penyakit yang paling umum yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, dan dokter akan menyusun rencana rawatan yang sesuai. Ini adalah beberapa penyakit yang paling umum terkait dengan pembengkakan kelenjar getah bening:

  • Infeksi karena bakteri atau virus.
    Gambar berjudul Check Lymph Nodes Step 10Bullet1
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh seperti lupus atau radang sendi.
  • Bermacam-macam jenis kanker, seperti kanker kelenjar getah bening itu sendiri atau juga di sebut limfoma

Tips

  • Pembengkakan kelenjar getah bening tidak selalu merupakan pertanda penyakit. Jika Anda merasa tidak enak badan dan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening tetapi gejala Anda tidak seperti pilek atau flu, segera berkonsultasi dengan dokter.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening biasa terjadi dan umumnya hilang setelah beberapa hari.
  • Kelenjar getah bening bisa teriritasi jika Anda terlalu sering menyentuhnya. Oleh sebab itu jangan berlebihan menyentuh daerah ini atau akan terjadi pembengkakan.

Peringatan

  • Jika Anda mengalami pembengkakan selama lebih dari seminggu, atau jika Anda mengalami gejala lain seperti demam atau menggigil, konsultasikan dengan dokter.
  • Jika Anda merasakan adanya benjolan yang tidak lembut terutama di sekitar payudara atau dada, segera konsultasikan dengan dokter.

 

sumber : http://id.wikihow.com/Memeriksa-Kelenjar-Getah-Bening

 

keyword : posisi kelenjar getah bening, cara mengecek kelenjar getah bening, ciri ciri kelenjar getah bening di leher, getah bening pada leher, kelenjar getah bening ketek ketiak

 

         

No comment for Posisi Kelenjar Getah Bening Dan Cara Memeriksanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 4 =

x Close

Like dan share Page Artikelkanker.com