Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kanker » Mengenal Mesothelioma dan Gejalanya

Mengenal Mesothelioma dan Gejalanya

(531 Views) July 3, 2016 6:58 pm | Published by | No comment

Mengenal Mesothelioma dan Gejalanya

Pengertian Mesothelioma

Mesothelioma adalah penyakit kanker ganas yang sangat jarang sekali dan hanya diderita oleh orang – orang tertentu. Kanker ini berkembang di sel – sel meshothelium, sedangkan meshothelium itu merupakan membran yang membentuk beberapa lapisan rongga tubuh contohnya saja seperti rongga dada, rongga perut, kantung jantung.  Penyakit ganas ini paling sering didapati pada pekerja yang sering menghirup zat yang terdapat pada asbes.

Penyebab Mesothelioma

  • Sering sekali menemui asbes sehingga zat atau debunya terhirup bahkan tertelan, Selain itu orang – orang sekitarnyapun bisa terkena dampaknya contohnya saja istri atau anak yang sering mencuci pakaian suaminya yang bekerja dengan asbes juga bisa memicu kanker.
  • Lingkungan yang terdapat banyak zat erionite atau sebuah zat zeolit mineral yang sangat mirip dengan serat asbes. juga mampu mengakibatkan penduduknya terkena penyakit Mesothelioma ganas.
  • Mesothelioma bisa disebabkan oleh asbes yang ada pada bangunan. DiInggris sendiri ada pelarangan menggunakan asbes karena zatnya cukup berbahaya.

Apakah Mesothelioma

Mesothelioma merupakan salah satu kanker paru-paru yang cukup jarang terjadi, namun yang paling berbahaya dan mematikan yang biasanya terjadi pada membran di sekitar paru-paru, yang disebut dengan pleura. Penyebab utama dari kanker yang menyerang sel paru-paru bernama mesothelium ini adalah paparan debu asbes.

Asbes bisa berbentuk papan atap, mineral, serat dan berbagai macam olahan produk asbes bisa menimbulkan debu dan dihirup bersama dengan udara. Biasanya ini terjadi di lingkungan industri, lokasi konstruksi, pertukangan dan toko material bangunan. Ketika serat dan debu asbes dihirup ke dalam paru-paru, maka debu tersebut akan berhenti di dalam paru-paru.

Jika terus-terusan menghirup debu asbes, maka debu akan berkumpul dan mengendap di dalam paru-paru. Hal inilah yang menjadi penyebab kanker dan risiko akan meningkat jika Anda merupakan perokok aktif atau memiliki riwayat keluarga penderita kanker.

Kanker akan sangat mematikan karena rata-rata waktu kelangsungan hidup penderita untuk kanker mesothelioma atau mesothelioma ganas berkisar antara 4 hingga 18 bulan, dan sekitar 10 persen pasien hidup setidaknya lima tahun setelah didiagnosis.

Gejala klinik yang terjadi pada mesothelioma yaitu :

  • Dyspnea dan nyeri nonpleuritic dinding dada adalah gejala yang paling umum terjadi pada mesothelioma ganas, (Sekitar 60-90% dari pasien mengalami gejala nyeri dada atau dyspnea.)
  • Pada pasien dengan mesothelioma yang ganas, temuan fisik efusi pleura biasanya diketahui dengan perkusi dan auskultasi.
  • Pada kasus yang jarang, mesothelioma ganas bermanifestasi sebagai cord compression, brachial plexopathy, Horner syndrome, atau superior vena cava syndrome. Kematian biasanya disebabkan oleh infeksi atau kegagalan pernapasan dari perkembangan mesothelioma.
  • Daerah utama yang sering terjadi pada pleura (87%), peritoneum (5,1%), dan perikardium (0,4%).

Gejala Mesothelioma

  • Dada terasa sangat nyeri sekali
  • Sesak Nafas
  • Terjadi anemia atau kekurangan sel darah merah
  • Sering merasa kelelahan
  • Suara menjadi sangat serak dan batuk – batuk
  • Bahkan ada juga yang mengalami batuk berdahak namun didalamnya terdapat darah

Macam – macam Mesothelioma

Mesothelioma Epithelioid, Mesothelioma Sarcomatoi, Mesothelioma Biphasic

  1. Mesothelioma pleura (selaput paru-paru)

Jenis ini adalah yang paling umum dari semua mesothelioma. Biasanya disebabkan oleh seringnya menghirup debu serat asbes, yang kemudian terjebak dalam pleura dan menyebabkan jaringan parut dan peradangan.

  1. Mesothelioma peritoneal (selaput rongga perut)

Jenis paling umum kedua ini berkembang di peritoneum, yaitu jaringan yang melapisi perut. Sama halnya dengan mesothelioma pleura, penyebabnya adalah debu dan serat asbes yang entah tertelan atau menemukan jalan ke saluran pencernaan sehingga mengendap dan berkembang di selaput rongga perut.

  1. Mesothelioma perikardial (kantung yang menyelimuti jantung)

Mesothelioma ini menduduki peringkat ketiga paling sering yang menyerang jaringan yang melapisi jantung. Penyebabnya juga asbes, dan kanker ini berkembang dari sel abnormal yang sudah berkembang pada pleura. Entah bagaimana prosesnya, namun debu asbes ini bisa menerobos ke pericardium dan berkembang di selaput jantung.

  1. Mesothelioma dari testis tunika vaginalis (lapisan internal organ seks laki-laki) dan Mesothelioma uteri tunika serosa (selaput internal organ intim wanita)

Kedua jenis mesothelioma ini adalah yang paling jarang terjadi. Meski belum pasti bagaimana persisnya debu asbes bisa mengendap dan menyerang bagian organ intim wanita dna pria ini, namun beberapa kasus memang menunjukkan bahwa debu asbes menjadi penyebab utamanya

Diagnosis Mesothelioma

Jika anda salah seorang pekerja yang sering bersentuhan dengan asbes, dan mengalami gejala – gejala diatas maka anda harus segera kedokter dan mendiagnosis penyakit tersebut. ada beberapa cara mendiagnosis Mesothelioma antara lain
  • X-tray
  • Biopsi
  • Immunochemystri

Paru-paru Sehat vs Paru-Paru Sakit

Tahapan Penyebaran Mesothelioma

Tahap I

Pada tahap pertama Mesothelioma kelenjar getah bening belum dalam keadaan terserang. Selain itu kankernya pun belum dalam keadaan yang sangat parah dan belum menyebar pada organ – orann serta jaringan – jaringan tubuh lainnya.

Tahap II

Ketika Mesothelioma berada pada tahap yang kedua, Ukurannya membesar dan menyerang paru – paru. Bahkan kelenjar getah beningpun bisa ikut terkena juga. Ketika meothelioma berada pada tahap stadium 2 pasien masih bisa melakukan oprasi. Walaupun kemungkinan kankernya sudah menyebar keduabelah sisi pleura.

Tahap III

Pada tahap ini berarti kankernya sudah cukup parah dan sudah tidak dapat melakukan oprasi atau pembedahan pada pasien. Kerusakan akan terjadi pada daerah kelenjar getah bening, kerongkongan dan dinding dada.

Tahap IV

Ini adalah tahapan pada bagian akhir dalam artiankanker sudah menyerang pada beberapa daerah lainnya. Oprasi sudah tidak akan ada gunanya lagi ketika anda sudah mencapai stadium akhir. Karena kanker bukan hanya menyebar pada daerah dada namun juga sudah menyebar keseluruh bagian yang jauh sekali dari tempat asal mula kanker itu tumbuh.

Pengobatan Mesothelioma

Kita sendiri sudah tahu untuk saat ini kanker masih belum banya diketahui obatnya, namun ada beberapa alternatif pengobatan yang harus dijalani jika mengidap Mesothelioma  antara lain

1. Bedah

Sebenarya melakukan oprasi bedah pada kanker lama – kelamaan menjadi kurang dipercaya karena tingkat keberhasilannya yang kecil. Terkadang walaupun berhasil sel kakkernya akan tumbuh lagi – tumbuh lagi. Bahkan orang yang melakukan pembedahan hanya mampu bertahan selama kurang dari 12 bulan atau setahun.

2. Radiasi

Radiasi sering diberikan bersaan dengan kemoterapi. Dengan catatan penyakit tersebut masih mentolelir operasi radikal. Sehingga radioasi dapat dijadikan sebagi pengobatan konsolidatif pasca pembedahan.Melakukan kemoterapi dan radiasi disaat setelah melakukan pembedahan akan meningkatkan harapan hidup pasien. Namun efek samping nya sangat berat sekali dan sangat parah,

3. Kemoterapi

Kalau yang ini pasti anda juga sering mendengarnya kan diistilah film diseinetron sinetron. Kemoterapi merupakan pengobatan untuk penyakit Mesothelioma  yang sudah terbukti mampu meningkatkan kalangsungan hidup banyak pasien. Pasien yang awalnya hanya mampu bertahan kurang dari 12 bulan bisa bertahan hidup selama 13 bulan lebih.
masih banyak lagi cara pengobatan yang lainnya seperti
  • Clinical Trials
  • Terapi Multimodalitas
  • Heated Introaperative Intraperitoneal chemotherapy

sumber :
https://inkesehatan.blogspot.co.id/2014/09/mengenal-mesothelioma-dan-gejalanya.html
http://doktersehat.com/apa-itu-mesothelioma-kenalan-yuk-dengan-kanker-paru-paru-ini

         

No comment for Mengenal Mesothelioma dan Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =

x Close

Like dan share Page Artikelkanker.com