Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kanker » Penyebab dan Akibat Penyakit Kanker

Penyebab dan Akibat Penyakit Kanker

(2237 Views) August 23, 2016 6:20 pm | Published by | No comment

Penyebab dan Akibat Penyakit Kanker

Banyak penyebab yang mengakibatkan seseorang terkena berbagai jenis penyakit kanker dan hal tersebut menyerang pada hampir semua tingkatan umur, dari anak-anak, remaja dan dewasa, bahkan dalam beberapa kasus muncul ketika usia tua.

Jika dikategorikan secara umum berbagai jenis penyakit kanker berasal dari dua faktor, yaitu faktor genetik atau keturunan dan faktor lingkungan. berikut artikelkanker.com merangkum penyebab-penyebab penyakit kanker serta akibat atau dampak dari penyakit kanker tersebut :

A. Faktor Genetik atau Keturunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Untuk faktor yang pertama ini memang sangat sulit untuk diatasi. Yang bisa dilakukan adalah mengendalikan faktor kedua yaitu faktor lingkungan. Pada umumnya faktor genetik tidak akan berkembang apabila faktor kedua yaitu faktor lingkungan di tekan seminimal mungkin.

Jadi sekali lagi, untuk mengendalikan faktor genetik atau faktor keturunan adalah dengan mengendalikan faktor lingkungan. Oleh karena itulah, pembahasan untuk faktor genetik tidak kami bahas terlalu panjang. Kami akan mengulas secara agak panjang lebar pada faktor kedua atau faktor lingkungan.

B. Fakor Lingkungan
Faktor lingkungan diyakini menyumbang 90-95% dari keseluruhan penyebab penyakit kanker. Sisanya sekitar 5-10% disebabkan faktro genetik atau keturunan. Melihat persentase perkiraan penyebab kanker ini , maka untuk untuk mecegah dan mengatasi penyakit kanker benar-benar sangat ditentukan oleh seberapa besar dalam mengendalaikan faktor lingkungan. Untuk faktor lingkungan yang sangat berberan dalam kaitannya penyebaran kanker meliputi beberapa hal di antaranya:
  1. Gaya Hidup
    Gaya hidup yang dimaksud di sini adalah gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung pemanis, perasa, pewarna, dan pengawet buatan. dan juga minuman alkohol. Disamping itu perilaku seksual bebas dan berhubungan intim di usia dini serta sering berganti-ganti pasangan juga tidak kalah besarnya sebagai faktor penyebab seseorang terjangkit penyakit kanker. Sebagai contoh, kanker serviks, kanker ini seringnya disebabkan oleh hubungan seks bebas dengan terjadinya virus penyebab kanker serviks.

    Adapun merokok jugan memberikan kontribusi yang sangat besar untuk seseorang terjangkit penyakit kanker. Bahkan berdasarkan banyak penelitian, rokok di tengarahi (diyakini) menyumbang 25-30 % dalam penyebaran kanker di dunia dan menyumbang 90% dalam penyebaran kanker paru-paru.

    Itulah gambaran gaya hidup tidak sehat. Merokok, minuman beralkohol, dan gaya seks bebas dan berganti-ganti pasangan merupakan gaya hidup tidak sehat yang banyak dilakukan oleh masyarakat modern saat ini. Sekarang pilihan ada pada kita. Mau hidup sehat di masa tua atau hidup dengan penuh penderitaan karena di dera berbagai penyakit ? Semua pilihan ada pada kita.

  2. Makanan
    Pada ulasan gaya hidup tidak sehat di atas sudah kita singgung sedikit pengaruh makanan tidak sehat pada faktor resiko seseorang terserang penyakit kanker. Memang tidak dipungkiri, saat ini kita hidup pada zaman yang banyak menuntut kita untuk bergerak, bertindak, bekerja serba cepat. Efeknya, akhirnya seseorang banyak terjatuh pada hal-hal yang ingin serba cepat dan instant.

    Dalam hal makanan misalnya, masyarakat kita sudah terbiasa untuk mengkonsumi makanan yang serba cepat dan instan tanpa mereka memikirkan berbagai efek yang akan ditimbulkan oleh makanan yang masuk ke tubuh mereka. Makanan-makanan yang banyak tersajikan dalam bentuk instan kecenderungannya atau kebanyakannya banyak mengandung zat berbahaya untuk kesehatan. Bahkan banyak sekali jenis sajian instan yang bisa menyebakan penyakit berat seperti penyakit jantung, kolesterol, asam urat, dan penyakit kanker.

    Ulasan tentang berbagai makanan yang bisa menyebabkan penyakit kanker insya Allah akan kami bahas pada artikel dan kesempatan lain. Silahkan Anda ikuti terus sajian-sajian artikel kami yang lain.

  3. Virus dan Bakteri
    Beberapa penyakit kanker terjangkit karana infeksi virus atau bakteri. Bahkan virus diyakini berperan hingga 20% terhadap terjangkitnya kanker pada manusia di seluruh dunia. Misalanya virus papilloma pada kanker serviks, virus polioma pada tumor otak, virus hepatitis B dan C pada kanker hati dan lain sebagainya. Untuk ulasan tentang virus penyebab kanker insya Allah akan kita bahas pada masing jenis kanker yang disebabakan oleh virus dan bakter. Silahkan Anda ikuti sajian artikel kami yang lain. 🙂
  4. Polusi dan Radikal Bebas
    Radikal bebas adalah suatu atom atau gugus atom dari suatu melekul yang mempunyai elektron bebas yang tidak berpasangan pada lingkaran atau orbit luarnya sehingga melekul tersebut menjadi tidak stabil. Radikal bebas memang sering disebut-sebut sebagai salah satu pemicu kanker.

    Radikal bebas terbentuk ketika terjadi proses oksidasi dan ia berusaha mencari pasangan dengan menempel pada sel yang berpasangan. “Yang menjadi persoalan adalah kadang-kadang elektron yang ingin ia ambil berasal dari sel yang sehat dalam tubuh sehingga menjadi rusak, ” demikian penjelasan Anne Chapas, asisten profesor bidang dermatologi dari New York University School of Medicene.

    Ada banyak radikal bebas yang sering masuk ke tubuh kita seperti polusi, asam rokok dan sinar ultraviolet A dan B. Salah satu efek yang cukup menakut dari radikal bebas adalah bisa memicu penyakit jantung, paru dan beberapa jenis penyakit kanker. Ulasan lengkap tentang radikal bebas dan  pengaruhnya terhadap kesehatan insya Allah akan kita bahas pada artikel lain pada kesempatan lain.

  5. Ketidakseimbangan hormonal
    Terjadinya kelebihan hormon estrogen akan merangsang pertumbuhan sel yang cenderung meningkatkan terjadinya sel kanker. Sedangkan hormon progesteron malah sebaliknya yaitu melindungan dan memperlambat terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan.

    Adanya kelebihan hormon estrogen dan kekurangan hormon progesteron bisa memicu dan merangsang meningkatnya resiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat dan kanker buah zakar atau skrotum pada pria.

  6. Kejiwaan dan emosional
    Kondisi stres berat dan keadaan tegang dalam secara terus menerus dalam jangka panjang berdasarkan beberapa penelitian para pakar, juga bisa mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah menjadi ganas sehingga rentan menjadi sel kanker.
  7. Gelombang elektromagnetik dan radiasi
    Sumber-sumber radiasi ionisasi, seperti gas radon, bisa menyebabkan kanker. Keterpaparan terus-menerus terhadap radiasi ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan melanoma dan beberapa penyakit kulit yang berbahaya. Diperkirakan 2% dari penyakit kanker di masa yang akan datang dikarenakan CT Scan di saat ini. Radiasi dari frekuensi radio tak berion dari telepon seluler dan sumber-sumber radio frekuensi yang serupa juga dianggap sebagai penyebab kanker, tetapi saat ini sangat sedikit bukti kuat yang mendukung keterkaitan ini
  8. Usia di atas 55 tahun
    Semakin kita berusia tua, semakin besar peluang untuk kita terserang penyakit kanker. Lebih dari separuh penyakit kanker umumnya menyerang para usia lanjut di atas 60 tahun. Namun demikian kita tidak terlalu risau karena terjangkitnya penyakit kanker pada seseorang juga sagat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang lian. Ketika faktor resiko yang lain tidak mendukung, insya Allah kita akan terbebaskan dari penyakit kanker. Gaya hidup tidak sehat pada usia mudah sangat menunjuang untuk seseorang terserang penyakit kanker pada usia tuanya.
  9. Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas
    BMI Anda lebih dari 30 maka berarti Anda termasuk terkatagori sebagai penderita obesitas. Berhati-hatilah ! Obesitas termasuk faktor resiko untuk seseorang rentan terserang penyakit kanker dengan berbagai jenisnya. Terutama kanker kolon, payudara, endometrium (lapisan rahim), ginjal dan kanker esofagus.

    Apabila Anda saat ini termasuk orang yang obesitas, maka segeralah untuk menurunkan berat badan Anda dan jangan Anda tunda.

  10. Merokok
    Anda perokok ? Segera hentikan kebiasan tidak sehat ini. Sayangilah tubuh Anda. Dengan Anda merokok, Anda telah berbuat tidak adil pada tubuh Anda. Sekali lagi sayangilah tubuh Anda. Rokok mengandung hampir 4000 bahan kimia berbahaya untuk untuk kesehatan. Dengan menghisap sebatang rokok tiap hari, Anda telah menimbun berbagai bahan kimia berbahaya dalam tubuh Anda dan dalam jangka panjang, Anda dalam resiko yang tinggi untuk terserang berbagai penyakit berat terutama penyakit kanker.
  11. Infeksi

    Beberapa kanker bisa disebabkan infeksi. Ini bukan saja berlaku pada binatang-binatang seperti burung, tetapi juga pada manusia. Virus-virus ini berperan hingga 20% terhadap terjangkitnya kanker pada manusia di seluruh dunia.Virus-virus ini termasuk papillomavirus pada manusia (kanker serviks), poliomavirus pada manusia (mesothelioma, tumor otak), virus Epstein-Barr (penyakit limfoproliferatif sel-B dan kanker nasofaring), virus herpes penyebab sarcoma Kaposi (Sarcoma Kaposi dan efusi limfoma primer), virus-virus hepatitis B dan hepatitis C (kanker hati), virus-1 leukemia sel T pada manusis (leukemia sel T), dan helicobacter pylori (kanker lambung).

    Data ekperimen dan epidemiologis menyatakan peran kausatif untuk virus dan virus tampaknya menjadi faktor risiko kedua paling penting dalam perkembangan kanker pada manusia, yang hanya dilampaui oleh penggunaan tembakau. Jenis tumor yang ditimbulkan virus dapat dibagi menjadi dua, jenis yang bertransformasi secara akut dan bertransformasi secara perlahan. Pada virus yang bertransformasi secara akut, virus tersebut membawa onkogen yang terlalu aktif yang disebut onkogen-viral (v-onc), dan virus yang terinfeksi bertransformasi segera setelah v-onc terlihat. Kebalikannya, pada virus yang bertransformasi secara perlahan, genome virus dimasukkan di dekat onkogen-proto di dalam genom induk.

  12. Ketidakseimbangan Metabolisme

    Senyawa formaldehid yang disintesis di dalam tubuh, seringkali terbentuk dari lintasan metabolisme senyawa xenobiotik, dapat membentuk ikatan kovalen dengan DNA, atau mengikat pada serum albumin dan gugus valina dari hemoglobin, dan menginduksi lintasan karsinogenesis.

Gejala atau Akibat Penyakit Kanker

Gejala atau akibat penyakit kanker berbeda-beda dari jenis penyakit yang di derita, namun ada juga ciri-ciri umum dari penyakit kanker, yaitu :

1. Mengi atau nafas tersengal-sengal

Salah satu ciri awal dari penderita kanker atau orang yang berpotensi menderita kanker adalah nafas yang tersengal-sengal seperti terserang asma, padahal mereka tidak menderita asma. Banyak penderita kanker tiroid serta tumor mengalami gejala ini di awal sakit mereka.

2. Kesulitan menelan

Penderita kanker juga mengalami gejala kesulitan menelan pada awal penyakit mereka. Kesulitan menelan ini bisa menjadi tanda bahwa menderita kanker tenggorokan, kanker paru-paru. Selain kesulitan menelan, penderita kanker jenis ini biasanya akan kesulitan berbicara seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan mereka.

3. Sering demam dan mudah terinfeksi

Sering demam bisa juga menjadi tanda kanker darah atau leukemia. Jika seseorang menderita leukemia, awalnya ia akan sering demam karena sel darah putih mulai berkurang.

Selain demam, kekebalan tubuh akan berkurang karena sel darah putih tidak mampu berfungsi dengan baik. Maka tak jarang, tubuh akan gampang sakit dalam waktu yang relatif lama.

4. Cepat letih dan lelah

Cepat letih dan lelah juga bisa menjadi tanda awal bahwa Anda terkena kanker. Semua jenis kanker biasanya akan disertai tanda umum ini. Meski letih namun tak jarang penderita juga akan mengalami kesulitan tidur.

5. Berat badan tiba-tiba menurun

Umumnya penderita kanker akan mengalami perubahan drastis pada ukuran tubuh mereka. Secara mendadak berat badan akan turun tanpa diketahui penyebabnya.

Hilangnya berat badan secara tiba-tiba ini biasanya dialami para penderita kanker usus, kanker hati, dan kanker yang menyerang organ pencernaan.

6. Warna kuku berubah

Penderita kanker

Penderita kanker / Ist.

Kuku sering menjadi indikator sebuah penyakit termasuk kanker. Jika warna kuku tiba-tiba berubah warna menjadi hitam atau coklat, maka waspadalah karena bisa jadi Anda menderita kanker paru-paru. Warna kuku yang pucat juga bisa menunjukkan gejala kanker hati

7. Cepat kenyang

Penderita kanker organ tubuh di sekitar perut akan mengalami gejala seperti perut terbakar dan cepat kenyang meski hanya makan sedikit makanan atau bahkan saat tidak makan.

8. Sakit perut

Sakit perut mungkin adalah hal yang wajar. Namun jika terjadi terus menerus selama waktu tertentu, Anda patut waspada karena kemungkinan ada kanker yang menyerang organ tubuh bagian perut seperti, hati dan usus.

9. Masalah pencernaan

Jika Anda menderita sulit buang air besar, diare, dan masalah perut lainnya secara berlebihan, Anda juga harus waspada. Tanda-tanda ini akan menyertai penderita kanker di organ tubuh bagian dalam seperti usus halus, usus besar, dan liver.

 

Untuk ciri-ciri kanker secara terperinci di jelaskan dalam artikel-artikel disini

 

sumber :
http://www.serojamedia.com/2012/12/penyebab-munculnya-penyakit-kanker.html

http://www.serojamedia.com/2012/12/faktor-resiko-penyebab-penyakit-kanker.html

http://ciricara.com/2013/12/12/9-ciri-umum-anda-akan-terkena-kanker/

         

No comment for Penyebab dan Akibat Penyakit Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − 6 =

x Close

Like dan share Page Artikelkanker.com